Minggu, 19 September 2010

saya dan tukang parkir itu


Posted at 8th of September 2010
Tukang parkir dan keihklasannya..
Rabu tanggal 8 september 2010 ketika saya terbangun tidak akan mengira akan mengalami pengalaman baru dari lingkungan dan apa yang saya lihat sampai ketika pergi bersama ayah saya.
Saat itu saya dan ayah saya berbelanja di departemen store semarang,dari luar terlihat sangat ramai dan  mungkin akan sangat kesulitan untuk memakirkan kendaraan. Begitu masuk dan mencari parkir seorang tukang parkir berteriak untuk menunjukkan arah bahwa disitu terdapat lahan parkir kosong, dan kami pun mengarahkan kendaraan ke tempat yang dituju. Tukang parkir tersebut mengarahkan dengan sangat lancar pastinya karena jika ada kendaraan yang lecet satu milimeter saja maka ini tandanya tabungan harus siap dikuras jika sang pemilik kendaraan tidak ikhlas. Setelah semua urusan belanja selesai dan hendak mengeluarkan kendaraan, saya menunggu sampai kendaraan kami bisa keluar untuk bisa dengan mudah memasukkan barang belanjaan ke bagasi. Tanpa diminta tukang parkir itu membantu saya untuk mengangkat meskipun saya sudah melarangnya karena saya sendiripun sanggup selain tak enak hati dengannya. Semua barang selesai dimasukkan dan ayah saya memberinya “hanya” dua ribu perak tapi yang saya lihat sebuah senyuman bahagia terlintas di wajahnya yang seolah membasuh peluhnya. Sungguh saya sendiripun terenyuh betapa beharganya dua ribu perak baginya padahal yang sudah dilakukan untuk membantu kami sangat banyak. Tanpa ditanya ayah saya pun bercerita bahwa tukang parkir tersebut memang sering membantu tanpa pernah meminta imbalan. Sebuah pelajaran saya ambil bahwa tinggi rendah jabatan, besar kecil upah yang diterima takkan pernah bisa memuaskan kita kecuali kita melakukannya dengan ikhlas. Dengan ikhlas semua hal yang kita lakukan selalu menyenangkan kita meskipun itu dengan upah yang tidak seberapa. Dengan ikhlas pula kita selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik tanpa ada rasa riya. Dan menurut saya orang ikhlas adalah orang yang terkaya di dunia ini. Semoga saya dan teman – teman yang membaca dapat memetik hikmah dari cerita saya ini.

1 komentar:

  1. itulah kebijaksanaan orang kecil...
    orang indonesia asli harusnya kayak gitu...

    BalasHapus

please comment after you read it.. a good reader will give their comment..hehe